More on this category »
Searching...

Macam macam las busur listrik

12/17/2012
Macam macam las busur listrik

Beberapa macam proses pengelasan yang dapat digolongkan pada las busur listrik, dan banyak digunakan pada praktek antara lain :
1. Las busur dengan elektroda berselaput fluks.
2. Las busur gas TIG (Tungsten Insert Gas).
3. Las busur gas MIG (Metal Insert Gas).
4. Las busur rendaam (submerged)

Las busur dengan elektroda berselaput
Las busur ini lebih dikenal umum dan banyak pemakaianya. Busur listrik yang terjadi di antara elektroda dan benda kerja akan mencairkan elektroda dan sebagian bahan dasar. Selaput elektroda yang turut terbakar akan mencair dan menghasilkan gas yang melindungi ujung elektroda, kawah las, busur listrik, dan daerah las di sekitar busur listrik terhadap pengaruh udara luar (oksidasi)




Las busur gas TIG (Tungsten Insert Gas)
Las busur gas TIG menggunakan elektroda wolfram yang tidak berfungsi sebagai bahan tambah. Busur listrik yang terjadi antara ujung elektroda wolfram dan bahan dasar merupakan sumber panas pengelasan. Elektroda wolfram yang mempunyai titik cair tinggi (3800°C), tidak ikut mencair pada saat terjadi busur listrik.
Tangkai las dilengkapi denganm nosel keramik untuk menyambung gas pelindung yang melindungi daerah las dari pengaruh luar pada saat pengelasan. Sebagai gas pelindung digunakan gas argon, helium, atau campuran keduanya, tergantung dari jenis logam yang akan disambung. Tangkai las TIG biasanya didimgimkan dengan air yang bersirkulasi.
Sebagai bahan tambah digunakan kawat las tanpa adanya selaput, yang digerakan dan didekatkan ke busur listrik yang trjadi antara elektroda wolfram dengan bahan dasar.

Las busur gas MIG (Metal Isert Gas)
Pada las busur MIG, digunakan kawat las yang sekaligus berfungsi sebagai elektroda. Elektroda tersebut berupa gulungan kawat yang gerakanya diatur olehmotor listrik. Kecepatan gerakan elektroda dapat diatur sesuai dengan kebutuhan.
Tangkai las dilengkapi dengan nosel logam untuk menyemburkan gas pelindung yang dialirkan dari tabung gas melalui selang gas. Gas yang adalah CO2 untuk pengelasan baja dan baja lunak. Argon atau campuran argon dan helium, digunakan untuk pengelasan alumunium dan baja tahan karat.


Las busur rendam (submerged)
Las busur jenis ini umumnya bekerja secara otomatis dan semi otomatis menggunakan fluks serbuk sebagai bahan pelindungnya. Busur listrik di antara ujung elektroda dan bahan dasar berada dalam timbunan fluks serbuk, sehingga tidak terjadi sinar las yang keluar seperti pada las busur yang lainya, dan operator las tidak perlu menggunakan kaca pelindung.
Pada waktu pengelasan, fluks serbuk mencair dan membeku menutuo lapisan las. Sebagian fluks serbuk yang tidak mencair dapat dipakai lagi setelah dibersihkan dari terak terak las. Elektroda berupa kawat tanpa selaput berbentuk gulungan, digerakan oleh motor listrik yang kecepatanya dapat diatur sesuai kebutuhan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Komentar dengan baik

Diberdayakan oleh Blogger.